Aktivitas Rumahan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil Muda

Posted by Pampan on 00.04

Sebagai cewek yang sudah menikah, kehamilan adalah fase yang sangat membahagiakan. Tapi, agar perkembangan janinnya sempurna dan lahirnya sehat, ibu hamil wajib banget memperhatikan kesehatannya, apalagi asupan nutrisinya harus terpenuhi dengan baik. Dan yang paling penting, jangan melakukan aktifitas yang dilarang saat hamil karena bisa mempengaruhi kondisi janinnya seperti berhubungan saat hamil muda.

Aktivitas Rumahan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil Muda

Selama masa kehamilan, ibu hamil jangan sembarangan melakukan kegiatan. Kalau sebelum hamil punya banyak kegiatan di rumah, seperti mencuci, mengepel, atau memasak, lebih baik dikurang-kurangi selama masa mengandung buah hati. Ibu hamil muda lebih rentan keguguran karena terlalu banyak aktivitas yang dilakukan meski hanya di rumah saja.

Biar kamu lebih jelas, coba deh baca-baca dulu beberapa aktivitas yang sebaiknya dikurangi atau kalau bisa tidak melakukannya dulu selama kehamilan dari bawah ini.

Memindahkan Barang yang Berat
Saat suami sedang nggak ada di rumah, barang-barang yang berat kadang diangkat sendiri oleh ibu rumah tangga. Mulai dari angkat galon, tabung gas, sampai ember yang isinya pakaian basah buat dikeringkan. Meski sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, lebih baik aktivitas ini dihindari saat sedang hamil.

Ibu hamil nggak diperbolehkan mengangkat benda berat karena lebih berisiko cidera pada punggungnya dan kontraksi. Kalau sudah terjadi kontraksi, mau nggak mau bayi harus dilahirkan secara prematur. Tapi kondisi terburuknya yaitu janinnya keguguran.

Mengecat Perabotan
Aktifitas yang dilarang saat hamil ketika di rumah yaitu nggak boleh mengecat perabotan. Saat mengecat, berbagai macam bahan kimia yang dikandung pada catnya bisa membuat kesehatan bayi menjadi terancam. Kalau memang suka mengecat, lebih baik serahkan dulu ke suami atau orang lain demi kesehatan janinnya.

Mengepel Lantai
Buat ibu-ibu rumah tangga, mengepel lantai adalah kegiatan rumah yang paling biasa. Meski nggak terlihat berbahaya, mengepel lantai juga termasuk kegiatan yang lebih baik dilakukan secara berhati-hati atau kalau bisa dilakukan oleh suami saja.

Kenapa bisa mengepel lantai bisa membahayakan ibu hamil? Kalau dilakukan sendiri oleh ibu hamil, perut yang mengalami tekanan karena harus membungkuk akan membuat janinnya ikut tertekan. Nggak hanya itu, lantai yang licin setelah dipel akan membahayakan ibu hamil karena bisa tergelincir.

Membersihkan Kandang Hewan
Yang paling nggak boleh dilakukan selama masa kehamilan yaitu membersihkan tempat kotor, seperti kandang hewan. Saat hamil, ibu akan menjadi lebih berisiko terkena infeksi toksoplasmosis yang sekaligus membuat janinnya nggak sehat.

Penyakit tersebut merupakan penyakit yang menyerang saraf dan otak. Kalau saat ibu sedang mengandung dan terinfeksi, janinnya juga akan mengalami kerusakan pada saraf serta otaknya. Efek yang paling buruk lagi yaitu bayi lahir dengan kerusakan pada mata dan otak atau mengalami keguguran sebelum dilahirkan.

Itu dia beberapa aktifitas yang dilarang saat hamil selama sedang di rumah. Kegiatan seperti mengepel, menyapu, atau mencuci sebaiknya nggak dilakukan dan lebih baik serahkan dulu ke suami atau pembantu rumah. Beristirahatlah yang cukup agar kesehatan ibu dan janinnya tetap sehat dan terlahir sempurna ya.