Begini Pengertian flek hitam, serta penyebab yang sering dialami orang

Posted by Pampan on 04.55
Pengertian flek hitam ini mengarah pada noda-noda gelap di beberapa bagian wajah atau seluruhnya. Orang yang mengalaminya akan merasa kurang percaya diri. Pemicu munculnya kondisi ini yaitu penumpukan melanin pada kulit. Umumnya kulit akan berwarna kecoklatan, merah, dan juga hitam. Hal itu sesuai dengan jenis kulit seseorang.

Kondisi yang dialami setiap orang yang mengalami flek hitam ini tidaklah mengalami sakit. Baik berupa nyeri, ngilu, atau perih. Hanya berupa titik hitam saja yang membuat kulit terlihat tidak normal. Apalagi jika hal tersebut dialami oleh perempuan. Keadaan itu akan sangat mengganggu penampilannya.

Sumber gambar: prishtinapost.com

Simak penyebab terjadinya noda yang ada di wajah, agar anda lebih mengerti lagi Pengertian flek hitam. Siapa tahu anda mengalaminya, untuk lebih jelasnya cermati penyebabnya berikut ini :

• Akibat Paparan Sinar Matahari
Orang-orang yang sering terpapar sinar matahari lebih berpotensi mengalami flek hitam. Apalagi tidak menggunakan pelindung apapun. Menggunakan baju terbuka. Tidak memakai krim tabir surya. Hal-hal sederhana itu dapat menjadi penyebab seseorang memiliki masalah noda hitam di wajahnya.

Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan anda. Namun, Aktivitas di bawah sinar ultraviolet langsung dalam waktu yang lama akan membuat kulit terbakar. Apalagi berjemur pada jam 10. 00-16. 00.  Jika tidak segera diatasi, banyak hal buruk yang akan terjadi, seperti munculnya penyakit tertentu.

• Faktor Genetik
Orang-orang yang memiliki kulit putih beresiko tinggi memiliki flek hitam. Hal itu memang terjadi secara alami dan tidak bisa dihindarkan. Orang-orang yang biasanya memiliki hal tersebut akan menutupnya dengan make up. Namun, dengan melakukan perawatan rutin dapat juga menghilangkan noda hitam.

Perawatan disertai dengan tindakan rajin membersihkan kulit juga dapat meminimalisir noda hitam. Peningkatan melanin pada orang yang memiliki warna kulit putih ini, biasanya terjadi di negara-negara eropa, amerika, dan australia. Kondisi fisiknya memang berwarna putih, dengan rambut pirang.

• Kanker Kulit Melanoma
Bintik-bintik hitam yang menyerang wajah dapat juga disebabkan oleh kanker kulit melanoma. Melanin yang awalnya berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari berbalik merusaknya. Bentuk dari bercak-bercak ini tidak beraturan. Flek itu tidak hanya ada di wajah, tetapi ada di tangan, kaki, dan punggung.

Saat flek hitam akibat sinar matahari ini berubah menjadi kanker, dapat mengancam nyawa anda. Apapun jenis kanker ini, dapat tumbuh kembali meski sudah dibunuh. Tumor ganas yang ada di dalam tubuh seseorang ini dapat menyebabkan kematian.

• Kelainan Genetik Neurofibromatosis Type 1
Orang-orang yang mengalami kelainan genetik ini disebabkan oleh sel-sel dalam tubuh terganggu. Hal itu menyebabkan tumor yang masih dikategorikan jinak ini tumbuh di jaringan saraf. Bila anda pernah melihat bayi yang memiliki titik hitam di wajahnya, hal itu disebabkan oleh neurofibromatosis tipe 1.

Flek hitam yang disebabkan oleh tumor jinak ini dapat menjadi kanker jika tidak segera ditangani. Saat anda melihat kondisi anak yang baru lahir memiliki noda hitam segera hubungi dokter. Tindakan yang cepat dapat mencegah terjadinya hal yang lebih berbahaya.

Pengertian flek hitam tidak hanya soal penampilan saja. Namun, bisa juga disebabkan oleh penyakit yang dapat menghilangkan nyawa seseorang. Jangan remehkan titik noda yang ada di wajah. Jika  kondisinya tidak kunjung sembuh, meski telah diberikan pengobatan. Ada baiknya anda berkonsultasi ke tempat yang benar, seperti dokter spesialis kulit.

Sumber artikel: alodokter.com